Minggu, 22 Mei 2011

PT. Perkebunan Nusantara I (Persero)

PTP. Nusantara - I (Persero) merupakan hasil konsolidasi BUMN Perkebunan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 6 tahun 1996 tanggal 14 Pebruari 1996 yang dikukuhkan dengan akta pendirian Nomor 34 tanggal 11 Maret 1996 oleh Notaris Harun Kamil, SH di Jakarta, dengan modal dasar perseroan sebesar Rp. 400 milyar dan yang sudah ditempatkan dan disetor pemerintah sebesar Rp. 120 mllyar, yang kemudian telah dilakukan perubahan dengan akta Nomor : 6 tanggal 8 Oktober 2002 oleh Notaris Sri Rahayu A. Prasetyo, SH.
Sesuai pasal 2 ayat 1, 2 dan 3 PP Nomor : 6 tahun 1996, PTP. Nusantara - I (Persero) berkembang dan merupakan penggabungan dari beberapa badan usaha perkebunan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang terdiri dari :
a. Ex. PT. Perkebunan I (Persero)
b. Ex. PT. Cot Girek Baru (Persero)
c. Ex. PT. Perkebunan V (Persero)
d. Ex. PKS Cot Girek PT. Perkebunan IX (Persero)
Visi dan Misi
V i s i
Menjadi Perusahaan agribisnis perkebunan yang tangguh dan mampu memberikan kesejahteraan bagi stakeholders dan kontribusi yang optimal kepada negara.
M i s i
  • Mengelola 2 (dua) komoditi yaitu kelapa sawit dan karet secara efisien dan ekonomis berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).
  • Menciptakan Value Creation untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan secara berkesinambungan.
  • Meningkatkan pengelolaan budidaya kelapa sawit dengan menggunakan teknologi maju.
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan kepuasan pelanggan.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai religius.
Sasaran Perusahaan
  • Sasaran Perusahaan adalah untuk mempertahankan eksistensi PT Perkebunan Nusantara I (Persero) dan untuk dapat dikembangkan pada masa mendatang.
  • Meningkatkan daya saing produk kelapa sawit melalui peningkatan produktivitas dan rendemen.
Filosofi

  • Perubahan merupakan kebutuhan untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah perusahaan.
  • Insan perusahaan yang berkualitas sebagai penggerak utama perubahan.
  • Inovasi sebagai sarana untuk melakukan perubahan.
  • Kepuasan pelanggan merupakan sasaran produk dan pelayanan perusahaan.
  • Iklim kerja perusahaan yang kondusif sebagai suasana untuk menghasilkan karya terbaik.
  • Kemajuan masyarakat dan kelestarian lingkungan sebagai bagian dari peran perusahaan.
  • Peran dan karya di perusahaan adalah bagian peribadatan segenap insan perusahaan kepada Allah SWT.
Tata Nilai
1.  Nilai-nilai Organisasi
  • Team Work (saling memahami, saling menghormati, saling membantu, saling mengisi, kesatuan arah (tujuan) dan gerak, kebersamaan, kesatuan serta sinergi).
  • Integritas (kejururan, komitmen, tanggung jawab, disiplin dan amanah).
  • Inovasi (sesuatu yang berbeda dan baru dalam hal cara kerja, mekanisme kerja, sistem kerja dan sikap kerja).
2.  Nilai-nilai Insan Individu
  • Jujur (kebersihan pikiran dan niat hati, kebenaran dan kesatuan kata, perbuatan, pikiran dan hati, amanah).
  • Proaktif (terbuka, adaptif, fleksibel, cepat tanggap, responsive dan peduli).
  • Tegar (sabar, tabah, tahan dan ulet).
3.  Nilai-nilai Hubungan Antar Orang (Karyawan)
  • Saling Menghormati (merupakan sikap mental yang menghargai kondisi yang dimiliki atau apa yang ada pada orang lain, dengan kesadaran bahwa setiap kondisi seseorang pasti memiliki kelebihan).
  • Saling Memahami (merupakan sikap mental yang mampu mengetahui, mengerti dan menerima kondisi yang ada atau yang dimiliki oleh orang lain).
  • Saling Membantu (merupakan sikap mental memberikan kelebihan yang ada pada diri seseorang kepada orang lain yang memiliki kekurangan atau kelemahan).
4.  Nilai-nilai Kepemimpinan PTP Nusantara I (Persero)
  • Kompeten (Kompetensi) (kemampuan melaksanakan tugas atau peran sesuai dengan persyaratan performasi (kinerja) standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan).
  • Teladan (Keteladanan) (selain menjadi penunjuk arah dan penggerak dalam mencapai tujuan juga sekaligus sebagai sosok atau symbol dalam perusahaan yang akan menjadi contoh bagi segenap anggotanya).
Pedoman Perilaku (Code Of Conduck)
Pedoman Perilaku (Code Of Conduct) bertujuan untuk menjadi pedoman berperilaku, bersikap, dan bertindak bagi segenap jajaran korporasi dalam melakukan aktivitas dan pekerjaan yang diembannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Search